Senin, 23 April 2018

IIMS 2018 : Mobil Raksasa El Toro Loco Hadir Di IIMS 2018

SHARE
Source istimewa
Otonymous - Dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, tidak hanya mobil penumpang tapi juga ada arena dipamerkannya monster truck, El Toro Loco. Didatangkan langsung dari Amerika Serikat, El Toro Loco alias The Crazy Bull merupakan salah satu monster truck yang kini bertanding di ajang balap Advance Auto Parts, MONSTER JAM.

El Toro Loco tampil di area Wheel of Giant bersama Indonesia Offroad Federation (IOF) selama 11 hari dari 19-29 April 2018. El Toro Loco diproduksi oleh SFX dan PACE Motorsport pada 2002 dan merupakan salah satu monster pertama yang memakai rangka bodi 3D dengan tanduk diatas atapnya. Desain pada El Toro Loco awalnya dibuat untuk Bulldozer, namun kemudian dipakai untuk El Toro Loco. Berkat penampilan sensasionalnya di MONSTER JAM, El Toro Loco jadi truk dengan gaya paling populer tak hanya dikalangan pecinta otomotif tapi juga anak-anak.


Sejak 2012, tim balap El Toro Loco punya 4 truk. Desain bodi keempatnya sama, namun tiap kendaraan punya sasis yang unik dan berbeda. Pada 2016, El Toro Loco ikut balapan AMSOIL Series dengan pembalap rookie, Mark List. Pendatang baru ini sukses meraih kemenangan di Tulsa, Oklahoma. Sementara pembalap lainnya, Beck McDonough membukukan 2 poin di FS1 Championship Series dengan El Toro Loco berkelir kuning. Sementara Dan Rodoni menjual 2 truknya dan cuti balapan sejak 2016.

Bintang dari Monster Jam ini memiliki daya tarik karena bodi mobil menggambarkan sebuah banteng plus dengan tanduk besar yang intimidatif. Untuk El Toro Loco yang dipamerkan di IIMS 2018 menggunakan mesin V8 berkapasitas 8.800 cc, El Toro Loco dengan tenaga maksimum 1.000 dk. Namun ketika beraksi, baik show maupun balapan di Amerika Serikat, tenaganya bisa mencapai 1.600 dk. Menggunakan bahan bakar alkohol, El Toro Loco menghabiskan 30-35 liter alkohol untuk melakukan aksi selama 12-15 menit.


Dimensinya yang besar membuat El Toro Loco mempunyai bobot hingga 5 ton. Salah satu penyumbang bobotnya adalah ban yang berukuran 66 inci dengan berat 350-400 kg untuk 1 ban. Beberapa aksi yang bisa dilakukan dalam kompetisi Monster Jam diantaranya wheelie dan flip. Sisi menarik lainnya adalah, El Toro Loco hanya memiliki satu jok dengan posisi berada di bagian tengah. Untuk memberikan pandangan lebih kepada pengemudi, bagian bawah El Toro Loco diberikan lapisan transparan. Sehingga siapa pun pengemudinya, dapat melihat bagian bawah untuk mengantisipasi berbagai kejadian saat beraksi.

Bodi dan ban besar yang digunakan El Toro Loco ditunjang oleh suspensi yang memadai. Di setiap roda, terdapat empat shockbreaker yang akan aktif bekerja ketika sedang melakukan atraksi.

Untuk faktor safety, mobil ini selain dilengkapi sabuk pengaman 7 titik untuk pengemudi, juga memiliki perangkat tambahan yaitu sebuah remote control yang dapat mematikan mesin sebagai antisipasi jika mobil terbakar saat melakukan show.

Laporan : Andy Qiting
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: