Kamis, 08 November 2018

Belum Diproduksi, Motor Listrik Karya Anak Bangsa Ini Sudah Dipesan 30.000 Unit

SHARE

Otonymous - Sepeda motor listrik karya anak bangsa "Gesits" yang diproduksi oleh perusahaan dalam negeri, PT Wijaya Manufakturing, sebuah perusahaan patungan yang dibentuk oleh PT Wijaya Karya Industri dan Kontruksi dan PT Gesits Technologies Indo.

Perusahaan ini merupakan perusahaan kolaborasi antara BUMN dan perusahaan swasta.

Dilansir dari Bisnis, Zaki Nahdi selaku Direktur Gesits Technologies mengatakan, sudah ada pemesan yang memesan sepeda motor listrik itu sebanyak 30.000 unit. Pada saat ini, harga sepeda motor listrik ini belum diungkap ke publik.


"Tapi kita mengharap bahwa harga pasar bisa di bawah kompetitor yang sekelas motor konvensional," ujarnya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Menurutnya, baterai yang digunakan pada sepeda motor listrik itu diproduksi oleh PT Pertamina (Persero). Ini ulang baterai itu nantinya bisa dilakukan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).


Zaki juga mengatakan, untuk tahap awal pihaknya akan menyiapkan sistem pengisian itu di 10 SPBU di Jakarta, Surabaya dan Bali.

Sepeda motor listrik ini diperkenalkan serta dicoba oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, dengan mengendarai diseputaran area Istana selama 10 menit.


Kabarnya, Gesits akan diproduksi sebanyak 60.000 unit pada 2019 mendatang. Presiden mengatakan merek dan prinsipal sepeda motor listrik ini "100% Indonesia". Menurutnya, sepeda motor listrik ini sudah diuji coba melaju dari Jakarta ke Bali. Dari hasil uji coba tersebut, tidak ada masalah.


Dengan adanya Gesits, konsumen akan diberikan pilihan. Apabila harga sepeda motor listrik itu kompetitif dan lebih efisien dibandingkan sepeda motor konvensional, menurut Presiden, maka priduk itu akan disambut baik oleh pasar.

Soal harga, Presiden sendiri belum bersedia untuk menyebutkan nilainya meskipun sudah mendapatkan informasi dari perusahaan.

"Kita coba di pasar lokal dulu. Tentu saja saya sudah diberi tahu harganya, kompetitif. Saya kira sangat bagus," katanya.
SHARE

Author: verified_user

2 komentar: