Minggu, 04 Maret 2018

Road Safety Association Angkat Bicara Tentang Larangan Merokok Dan Mendengarkan Musik Saat Berkendara, Apa Tanggapan Mereka?

SHARE
Source istimewa 
otonymous.blog  - Pro kontra menuai banyak komentar setelah ada perintah larangan bagi pengendara roda dua maupun empat dalam hal merokok dan mendengarkan musik. Ditengah pro kontra ini terjadi Road Safety Association (RSA) yang bergerak dalam isu keselamatan berkendara memberikan komentarnya. Berikut ini komentar yang diterima oleh otonymous.com.

Menanggapi pro kontra tersebut, sebuah lembaga swadaya masyarakat pemerhati keselamatan jalan, Road Safety Association (RSA) Indonesia pun angkat suara. Menurut mereka, segala aktifitas yang dilakukan tidak terkait langsung dengan kegiatan berkendara atau mengemudi, sangat berpotensi mengganggu bahkan mengurangi konsentrasi pengemudi saat berkendara.

Baca juga : Sinnob Gear Beri Paket Ekonomis Dalam Dua Pilihan

“Segala hal diluar aktivitas berkendara berpotensi memecah konsentrasi berkendara, termasuk berponsel, makan dan minum saat berkendara, mendengarkan musik dan merokok pun berpotensi mengurangi konsentrasi berkendara,” tegas Ketua Umum RSA Indonesia, Ivan Virnanda saat dihubungi, Sabtu (3/3).
Segala sesuatu yang berpotensi mengganggu konsentrasi berkendara itu, yang Ivan sebut sebagai kejadian “distracted driving”. Selain itu Ivan pun mengatakan, distracted driving terjadi karena konsentrasi pengendara terpecah akibat melakukan aktivitas lain selain berkendara.

Selain itu, Ivan juga menekankan, dalam memahami aturan yang berlaku, tidak bisa dipahami secara parsial, RSA Indonesia, kata Ivan, sejak awal kerap menyosialisasikan apa yang mereka sebut sebagai “Segitiga RSA”.

Baca juga : Ekspedisi Kartini 4 START From Malang To Merauke

“Pahami Rules (aturan), miliki Skills (keterampilan mengemudi) dan terpenting Attitude (etika atau perilaku). Nah kira-kira kalau kita berponsel, merokok, atau beraktifitas yang lain di luar berkendara, selain berisiko ngundang bahaya juga bagaimana soal etika?,” sergah Ivan.

Dirinya mengaku, kerap menerima keluhan dari sejumlah pengendara khususnya pengendara roda dua yang terdampak oleh kegiatan merokok yang dilakukan pengendara lainnya saat di jalan.
“Abu rokok yang tertiup angin sering menerpa wajah pengendara lainnya, bahkan gak Cuma abu tapi bara api rokok yang masih menyala sangat berbahaya bagi pengendara lain,” jelasnya.

Untuk itu, Ivan kembali mengingatkan soal etika berkendara. Ditegaskannya, di jalan raya, kita tidak sendiri, ada banyak pengguna jalan lainnya yang memiliki hak dan kewajiban yang sama.
“Saling menghargai lah, hormati. Kalo mau enak sendiri, ngerokok kan (kata perokok) bisa bikin nyaman, tapi ingat, kalo dilakukan saat berkendara, bisa berimbas bahaya baik bagi dirinya atau orang lain,” tutur Ivan.
Senada  dengan Ivan, Badan Kehormatan RSA Indonesia, Rio Octavianus menjelaskan, penjelasan dari pasal 106 ayat 1 bagi pihaknya sudah jelas dan tidak bisa ditawar lagi apalagi diintepretasikan macam-macam. Sebagai warganegara dan pengguna jalan yang baik, semestinya bisa menghormati aturan yang berlaku.
“Gini loh, aturan itu kan dibuat untuk mengatur, UULAJ dibuat untuk mengatur kelancaran, kenyamanan, keamanan dan keselamatan para pengguna jalan. Pahami itu aja dulu, gak usah ribet,” tandasnya.
“Sekarang ini, orang-orang itu lebih suka melakukan pembenaran ketimbang mengedepankan kebenaran,” tambahnya.

Dari data yang dimiliki RSA Indonesia, tercatat 10 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi setiap hari di Indonesia. Kecelakaan itu dipicu oleh aspek lengah karena terganggunya konsentrasi saat berkendara. Bahkan, aspek lengah menjadi faktor dominan penyebab kecelakaan dari faktor manusia yakni sebanyak 56%.


By rilis RSA
SHARE

Author: verified_user

2 komentar:

  1. Paling sengit ketika berada di belakang pengendara (motor) yg sedang ngetik/chat.
    Pengen rasanya nabrak biar kebanting hp nya.

    BalasHapus
  2. Ditegur saja bro, beri mindset bagi para pengendara yg seperti itu agar selalu ingat keselamatan diri sendiri dan pengendara lain.

    BalasHapus